contoh RPP PGSD | BAHASA INDONESIA KELAS 6 | VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Mata Pelajaran                      :   Bahasa Indonesia
Tema                                      :   Transportasi itu Penting
Kelas/Semester                    :   VI/II
Standar Kompetensi            :   Mendengarkan
                                               1.   Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
Kompetensi Dasar             :   1.1 menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
Indikator                                 :
·        Menyebutkan pokok-pokok hal penting yang didengar dari televisi atau radio
·        Menyusun pokok atau hal penting secara runtut yang didengar dari televisi atau radio
·        Menyimpulkan isi berita berdasrkan pokok atau hal penting yang didengar dari televisi atau radio
·        Menjawab pertanyaan isi berita
Waktu                                     : 1 Pertemuan (2 x 35 menit)
Pelaksanaan                         : Minggu ke
I.  Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi, demonstrasi dan tanya jawab peserta didik dapat :
1.      Menyebutkan pokok-pokok hal penting yang didengar dari televisi atau radio
2.      Menyusun pokok atau hal penting secara runtut yang didengar dari televisi atau radio
3.      Menyimpulkan isi berita berdasrkan pokok atau hal penting yang didengar dari televisi atau radio
4.      Menjawab pertanyaan isi berita
II. Materi, Media, Sumber dan metode pembelajaran
A.     Materi Pembelajaran
                                                         Menyimpulkan isi berita
B.     Media Pembelajaran
Teks cerita anak (terlampir)
C.    Sumber Belajar
1.      Program semester kelas VI
2.      Buku Bahasa Indonesia penerbit Pustaka Tiga Kelana hal. 1-3
3.      Media cetak yang relevan
D.    Metode pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tugas Tugas
3.      Tanya jawab
4.      Diskusi
5.      Penugasan
III. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.      Memeriksa kerajinan dan kebersihan kelas
b.      Memeriksa kesiapan siswa tentang alat tulis
c.Apersepsi :
·        Siapakah yang senang mendengarkan cerita?
·        Cerita tentang apa?
·        Maukah kalian mendengarkan cerita dari Pak Guru sekarang?
2.      Kegiatan Inti (50 menit)
a.      Menjelaskan tujuan pembelajaran  : Setelah kalian mendengarkan cerita dapat Menyebutkan topik suatu teks yang didengar, Menyebutkan tokoh, watak, latar, tema, dan amanat dari cerita yang didengar
b.      Siswa memperhatikan cerita yang dibacakan guru
c.      Siswa menyebutkan para tokoh dalam cerita
d.      Siswa menyebutkan watak para tokoh cerita
e.      Siswa menyebutkan tema certa yang didengar
f.        Siswa menyebutkan latar cerita
g.      Siswa menyebutkan amanat cerita yang didengar
3.      Kegiatan Akhir (10 menit)
a.      Memberi tugas mendengarkan cerita tentang di radio atau di tv
b.      Evaluasi
c.      Penutup
IV. Evaluasi
A.     Bentuk tes                           :  Tes
B.     Jenis tes                              :  Tertulis 
C.    Alat tes                                :  Soal tes
V. Soal tes, Kunci Jawaban dan Lembar Kerja
a.      Soal tes

1.      Judul cerita yang baru didengar adalah....
2.      Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah....
3.      Watak masing – masing tokohnya adalah ....
4.      Tokoh utamanya adalah dari....
5.      Tokoh antagonoisnya  adalah....
6.      Tokoh protagonisnya adalah....
7.      Latar cerita tersebut adalah di....
8.      Amanat dari cerita tersebut adalah....
9.      Amanat adalah......
10. Tema dari cerita tersebut adalah.....

b.      Kunci Jawaban

1.      Kesombongan Burung Nuri
2.      Deo, Elang, sekelompok temannya
3.      Deo sombong, elang jahat, temannya suka menolong
4.      Deo
5.      Deo
6.      Sekelompok temannya
7.      hutan
8.      jangan suka sombong dan pamer
9.      pesan yang akan disampaikan ke pembaca
10. budi pekerti

c.      Penyekoran
·        Jawaban benar            :  Skor 1
·        Jawaban salah             :  Skor 0
·        Skor maksimal             :  10
·        Nilai                               :  Perolehan skor/Skor maksimal X 100
d.      Lembar Kerja
Dengarkan cerita berikut, dan isilah pertanyaan dibawah ini!
1.            Apakah judul cerita yang didengar?
.........................................................
2.            Apakah tema ceritra yang didengar?
.........................................................
3.            Sebutkan tokoh dalam cerita yang didengar?
.........................................................
4.            Apa amanat dalam cerita tersebut?
.........................................................
5.            Sebutkan tokoh protagonis dan antagonisnya?
.........................................................
                                                                                                     Cendana,  Januari 2011    
                        Mengetahui
                    Kepala Sekolah                                                      Guru Kelas VI A
                                                                                                       
              NIP                                                                                 NIP
klik di sini jika akan di prin!

Comments

Popular Posts