Saturday, 28 May 2011

pembelajaran bahasa inggris bagi anak TK

 Pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Taman Kanak kanak atau TK sangat penting mengingat di era globalisasi sekarang ini anak-anak TK sudah mengenal komputer walaupun hanya sebatas bermain game. Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris sendiri mengikuti perkembangan dunia anak dimana saat ini hampir setiap hari anak TK mendengar kedua orang tuanya menyebut printer, di print , di upload, di install dsb. Untuk itulah pengajaran Bahasa Inggris di tingkat Taman Kanak Kanak ini penting diperkenalkan sejak dini. Pertanyaannya bagaimana caranya untuk membuat pengajaran bahasa Inggris ini menjadi menarik di mata anak anak TK ? bukan menjadi momok atau sesuatu yang menakutkan. Menurut teori pendidikan, anak anak suka akan benda, gambar, warna, dan binatang . Untuk itu dengan media flash inilah di coba untuk mengantarkan materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk TK, dengan tujuan mengenal benda, mengenal warna, mengenal binatang, menyanyi, bercerita sendiri, dsb.

Tehnik pembelajarannya sebaiknya menggunakan laptop, yang disambungkan dengan LCD untuk disorotkan ke dinding atau layar . Anak Anak tinggal di instruksikan untuk meng click dan menirukan suara dari CD yang di putar, meng click gambar binatang yang muncul, atau meng click warna yang di sukai dan menyebutkannya / menirukan dalam bahasa Inggris. Dengan animasi flash, anak anak di usahakan dapat bercerita sendiri dalam bahasa inggris mengenai cerita/ gambar dari dalam CD.

Disini penulis telah mencoba membuatkan CD dengan animasi flash untuk pembelajaran di tingkat Taman Kanak Kanak seperti tampak di samping ini dan dapat di download gratis dengan judul TK. Untuk dapat membuka file flash dengan extension swf di belakangnya anda harus mempersiapkan software nya terlebih dahulu dengan meng install macromedia flash 8 di komputer anda. Bukalah flash playernya dan akan tampak semua file yang berakhiran swf.

Mengapa orang beralih ke animasi flash? Animasi flash
cenderung lebih menarik dalam pempilan dan mudah dalam aplikasinya, lebih hemat
dalam pemakaian memory komputer, dan lebih interaktif. Didalam praktek, file
flash yang berakhiran swf, hanya dapat dimainkan dengan flash player. Sekalipun
demikian, file ini dapat juga dibuat dengan extension HTML sehingga dapat dibuka
dengan internet explorer. Untuk dapat membuat file yang berakhiran swf, melalui
sebuah proses yang cukup rumit dimana kita terlebih dahulu harus membuatnya ke
dalam file yang berakhiran dengan fla. Nah dari sini kita dapat melanjutkan
proses menjadi file yang berakhiran dengan swf. File ini tidak dapat di edit
oleh orang lain melainkan oleh si pembuatnya.

klik di sini jika akan di prin!

ads

Ditulis Oleh : kristian repi Hari: 14:05 Kategori:

0 comments:

Post a Comment