Apa Bedanya Web, blog dan Web log ? Ini Jawaban Jasa Web Hendom Desain

Website, tentu sangat mudah membuatnya. Tapi, ada pengecualiannya, kata mudah hanya untuk mereka-mereka yang sudah paham cara pembuatannya. 

Pembuat website pun beragam. Ada tingkatannya.  Bahkan banyak alirannya. Makanya, semua penjual jasa website selalu variatif harganya. Tidak seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) Seindonesia harus sama Harganya. 

Ada banyak faktor, kenapa harga Jasa Desain Website berbeda-beda. (Tapi, maaf, artikel ini tidak akan membahas terlalu lebar soal faktor perbedaan harga jasa desain web). 

Intinya, Jasa website selalu beragam dikarenakan, membangun website tidak jauh berbeda dengan seorang seniman. Di luar dari ketangguhan sistem, memoles suatu dinding website butuh ide-ide kreatif dari seorang programer dan desainer. 

Karena membangun website, tidak terlepas dari tim pengelolah. Membangun Website butuh seorang programer, desainer dan tim penganalisa kata kunci demi ketercapaian tujuan dari website tersebut. Sering Mereka sebut tukang "SEO".

Kualitas Website tergantung dari sudut pandang masing-masing. Semakin dalam pemahaman ilmu tentang dunia Website, makan cara pandang pun pasti berbeda dengan orang "biasa". Jika Anda adalah pemesan Website, sebaiknya, bulatkan dulu tujuan pembuatan websitenya.

Sebenarnya, membuat Website itu murah. "Tapi jangan salah, ada juga website harganya ratusan juta rupiah. Loh.. kok gitu ? katanya murah lantas kenapa ada yang mahal pula ?"

Nah, itu tadi. Kembali lagi pada tingkatan websitenya. Apa tujuan Anda membuat Websitenya ?

Dengan demikian, membuat Websitet sudah tentu akan berbeda harganya. Kenapa ? Masing-masing pemesan pasti berbeda pula selera dan tujuan pembuatan website. 

Bebricara soal website. Kadang kita bingung menggali arti dari kata Website. Apa lagi ada sebutan Blog, dan lebih luar biasa lagi, ada kata Web log.

Bagi sebagian besar orang awam. Sering mengidentikan sebuah harga lembar online hanya pada istilah.

 "Oh itu Web, mahal !" 
" Oh itu Blog,  gratis !"
"wah, apa tu web log ? pasti sangat mahal !"

Setiap ada sebutan website, orang pasti memandang mahal harganya, dan ketika orang menyebutnya "Blog" termaknai murah harganya, bahkan dibilang gratisan. Menurut saya, mindset seperti itu keliru. :) 

Mari kita, sedikit mengulas definisi dari kata Website, Blog and Web Log. 

Sebenarnya, mesin pencari google bisa menjelaskan terminologi di atas. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan, Anda akan bingung juga dibutanya. Mengapa ? 

Tak sedikit sudut pandang di mesin pencari google bermunculan. Bisa menyesatkan dan bisa juga mencerahkan. Tak jauh beda dengan penyebaran iman. 


1. Web.

Web adalah singkatan dari kata Website (Yang sudah tahu, tertawa saja, dan yang belum paham, kerutkan dahi dan seriuslah membaca). Web  terbagi dalam tiga  kategori, Web Statis, Dinamis dan Iteraktif.

1). Web Statis.
Image : Carawebs
Web statis, diartikan sebagai website yang kontennya "menetap" tidak diperuntukan update secara berkala. Lebih tepatnya, dibuat hanya untuk informasi tertentu saja, Cukup terbilang, lebih kompleks pembuatannya dari Web dinamis. 

"Web statis sangat cocok digunakan untuk demo contoh website, website landing page atau mini website untuk menampilkan promosi tertentu secara terpisah dari website utama"


2). Web Dinamis.


Image : Carawebs


Web Dinamins, dibandingkan dengan web statis, kebanyakan orang lebih memilih web dinamis, jika webnya ingin difungsikan sebagai pusat informasi berkala. Website Berita Online contohnya. Web dinamis seharusnya lebih mudah pengoperasiannya dari pada web statis.

"Keuntungan website dinamis adalah mudahnya untuk mengupdate data, update tampilan website, bisa membagi informasi website antara info untuk umum dan info khusus bagi pengurus"


Ada dua halaman khusus ketika web dinamis itu mewujud. a). Halaman Frontpage: halaman yang diakses oleh pengunjung. b). Halaman Backend / Administrator: halaman website yang hanya bisa dibuka oleh pemilik atau pengurus website. Dari halaman ini pengurus website mengubah isi website melalui program yang telah disiapkan oleh jasa pembuatan website. Setiap perubahan yang dilakukan di halaman ini akan ditampilkan di halaman frontpage secara otomatis.


3). Website Interaktif

Website interaktif adalah pengembangan lebih lanjut website dinamis. Dimana dalam website interaktif terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan pengurus website atau antara pengunjung dengan sesama pengunjung. Contoh website keren yang interaktif adalah Facebook dan Twitter.

2. Blog.
Bersumber dari Situs Wikipedia, blog diartikan sebagai kajian informasi yang isi artikelnya diurut berdasarkan waktu. Dan lebih mengarah pada pengulasan konten secara sepsifik. Konten dikait-kaitkan dan membentuk satu opini khusus secara berkala. 

Janis-Jenis Blog

Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

3. Web Log

Web Log, tak panjang membahasnya. Karena, Web log adalah kepanjangan dari penyebutan Blog. Jadi, Web Log, yah Blog. :) Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Blog


Kesimpulannya adalah Secara subtansial Blog dan Web punya kesatuan yang tak terpisahkan. Karena, Tak sedikit Website menginstal aplikasi untuk memposisikan kategori berskala blog.

Nah, Bagi Anda yang ingin membangun Website, Hendom Desain bisa menjadi rekan dalam membangun Web/Blog Anda. Baik itu Blog Pribadi, Web Perusahaan, maupun Web Pemberitaan. Terlebih Khusus Bagi yang Tinggal di daerah Sulawesi Utara, Solusi Jasa Pembuatan Website di Manado Bisa Hubungi Hendom Desain.


Ikuti Update Artikel dari Omkacili Selanjutnya. Trims

Comments

Popular Posts