Cara Alami Agar Anak Bisa Makan di saat ia sakit

"Orang tua mana yang tega melihat si kecil tak mau makan, apa lagi dalam kondisi sakit, membingungkan bukan ?"



Tubuh Anak serupa tanaman yang disiram air setiap pagi. Dengan kadar air, cuaca dan cahaya yang tepat, ia dapat bertumbuh sehat dan memiliki akar yang kuat.

Bagaimana jika Anak kita tak mau "di siram dengan Air" ? Bukan kah Air adalah sumber kehidupan manakala tanaman ingin betumbuh dewasa ?

Repot juga kan ?
Memang orang tua harus "teler" memikirkan kondisi Anak jika ia tidak sehat secara "fisik". Apalagi di barengi dengan teriakan "Tidak Mau Makan " 

Ada banyak hal kenapa Si kecil tidak mau makan "Baca ini Kenapa Anak Tidak Mau Makan ?"  maka dari itu, sebagai orang tua, sangat bijak jika tahu langkah pertama tentang apa yang harus dilakukan sebelum Anak Kita jatuh di tangan DOKTER.

Sekedar Ringkasan dari beberapa sumber teori dan pengalaman, Ada beberapa langkah yang harus Orang tua Lakukan.

1. Yang Harus Orang Tua Ketahui jika Anak tidak Mau Makan

Berikut ini penjelasannya, Ma:

• Kebanyakan sakit pada anakdisebabkan infeksi virus, dan salah satu karakteristik utama infeksi virus adalah lesu, mual, dan tidak ada nafsu makan.

• Mulut terasa pahit. Bedanya dengananak adalah si kecil tidak bisa mengeluh dan meminta makanan atau minuman ini itu yang mungkin membuatnya agak sedikit berselera. 

• Anda tidak perlu cemas ketika anak menolak makan saat sakit. Saat demam, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan diare, yang paling dibutuhkannya adalah cairan, apapun itu. 

• Makanan tetap ditawarkan, tetapi jangan kecil hati bila ditolak. Lalu, jangan menganggap makan adalah mengonsumsi nasi atau makan besar lainnya saja. 

• Tawarkan minuman segar, tetapi berkalori. Misalnya, smoothy, fruit milkshake (tetapi susunya sedikit saja. Saat sakit, makanan berlemak membuat anak semakin mual), mangga dengan es krim vanila, pudding roti applesauce, ice crust (semangka dihancurkan, campur susu sedikit, bekukan, lalu ditumbuk), cream soup, dst.

• Jika berat badan si 16 bulan turun sebanyak 2 kg dalam 1 minggu, kondisinya sudah dehidrasi berat.

• Yang pasti, penyakit virus tidak ada obatnya. Daya tahan tubuh anaklah yang akan memeranginya. Jadi, faktor waktu juga menentukan. Ketika infeksinya mereda, selera makan anak akan berangsur membaik.

• Kuncinya adalah beri waktu, sabar, dan tetap amati. Selama anak tidak dehidrasi berat, tidak ada kegawatdaruratan dan belum perlu ke dokter.

2. Ini langkah-langkah menaggulangi Anak yang tidak mau makan di saat ia sakit.


“Hmmm, sementara cukup untuk mengisi perutnya”, pikirku.
Tapi iseng2 aku tawari si kecil soft cake berlapis cokelat. Dan ternyata dia mau, meski hanya satu gigitan, bagiku itu sudah cukup. Dalam hal ini, orang tua tak perlu muluk2 mengharapkan anak yang sedang sakit bisa menghabiskan semua makanannya.

Aku lihat anakku sudah mau minum, meski belum mau minum susu, susu mungkin terasa eneg buat si sakit sebagai penggantinya buatkan saja teh manis hangat. Setelah itu barulah si kecil boleh meminum obat. Tunggu beberapa saat, bila tubuhnya mulai berkeringat itu pertanda obatnya sudah bereaksi. Jika sudah demikian, berilah dia makan jangan lupa sayuran berkuahnya. Ini untuk memudahkannya menelan makanannya. Atau kalau mau, bubur ayam boleh juga.

Ya, yang namanya sedang  sakit, jangankan anak kecil,   orang dewasa pun tentu tidak ada nafsu makan bila sedang sakit. Mengapa demikian?  Itu dikarenakan kondisi fisiknya sedang lemah, otomatis kinerja organ2 tubuhnya pun melemah.
Jadi, bila si kecil sakit dan tidak mau makan minum, jangan dulu panik. Setiap masalah inshaAllah selalu ada jalan keluar. Coba deh ikuti tips dari saya berikut ini, jika tidak berhasil, segera hubungi dokter, apalagi kalau sakitnya disertai muntah2 karena dikhawatirkan  si anak dehidrasi.

Yang pertama harus kita lakukan adalah mencoba memposisikan diri sebgai orang yang sedang sakit. Apa yang kita rasakan ketika sedang sakit? lemas dan tidak ada nafsu makan bukan?.  Lalu biasanya makanan apa yang kita bayangkan ketika sedang sakit? biasanya ingin sesuatu yang terasa segar di mulut. Mulut orang yang sedang sakit biasanya akan terasa gak enak dan berasa pahit.  Sebagai langkah awal hilangkan terlebih dahulu rasa pahit di mulut, caranya beri sesuatu yang manis, bisa permen rasa buah atau sepotong coklat. Jika anak tidak pernah dibiasakan makan permen, cobalah untuk sekali itu saja, toh itu hanya untuk sementara. Dijamin anak akan merasa senang dengan permen buah itu. Atau bisa juga diganti dengan vitamin C dosis ringan (sama segarnya).

Kedua, jika mulutnya sudah terasa nyaman dan segar, berilah makanan ringan, biasanya anak yang sedang sakit menyukai sesuatu yang berasa adem di mulut dan menyegarkan. Contohnya agar-agar rasa buah2an. Yang penting perutnya terisi makanan. Kita jangan muluk-muluk dulu anak mau memakan makanan seabreg. Sedikit demi sedikit berilah si kecil kue kesukaannya, misalkan soft cake (gak usah banyak2 yang penting masuk).

Ketiga, setelah kita pastikan perutnya telah terisi, berilah dia obat syrup penurun demam. Jika anak termasuk susah makan obat-obatan, dan sukar dirayu, paksa saja (dicekokin) biasanya ini hanya awalnya saja, kalau sudah terbiasa lama-lama anak akan merasakan sendiri kebutuhannya meminum obat. Tunggu beberapa saat obatnya bereaksi. Bila sudah bereaksi, anak akan terlihat segar. Jangan ditunda-tunda, segera ambil nasi,  jangan lupa sediakan sayuran berkuah, ini untuk memudahkan si anak menelan makanannya. Tapi kalau bisa dibuatkan bubur ayam lebih bagus supaya mudah dicerna.  Satu lagi, beri vitamin biar anak tetap fit.

Keempat, sabar. Seorang ibu diharapkan selalu bersabar ketika menghadapi anaknya yang sakit. Perhatian dan kasih sayang mutlak diperlukan dalam keadaan apapun.
Semoga tips dari saya bisa berguna untuk para ibu. Selamat mencoba.

Nah, Jika ada pengalaman lainnya, mohon dibagikan yah :) Salam OMKACILI. Terima kasih atas "pemikir cerdas" dari sumber tulisan ini :)





klik di sini jika akan di prin!

Comments

Popular Posts