Ini Cara Maksimalkan Jaringan Komputer Internet pakai Mikrotik

Jaringan Komputer serupa Jaringan Laba-laba. Meluas tapi punya titik pengendali. Ada banyak manfat ketika kita mampu membangunnya. Apalagi, skala jaringan komputer dikombinasikan dengan pengaplikasian Jaringan Internet. Sudah tentu, Anda membutuhkan alat pembatu untuk kontrol keluar masuknya paket jaringan.  Dan tidak kalah penting lagi adalah Mengatur Bandwiidth.

 Sebelumnya, saya harus minta maaf kepada pengunjung pemula, manakala ada beberapa istilah yang masih asing di baca, sekiranya menambah kosa kata istilah. Sebab, penulisan ini, kajiannya lebih pada pembaca tingkat lanjutan. Namun, tidak mengapa kalau Anda tertarik untuk melanjutkan pembahasan tentang bagaimana Cara Maksimalkan Jaringan Internet pakai Mikrotik.

Kenapa Harus Pakai Mikrotik ?

Jika Anda bertanya seperti halnya di atas, maka, akan saya ungkap, apa sesungguhnya Mikrotik itu.
1. Mikrotik sering dijadikan sebagai Internet Gateway bagi Lan
Difungsikannya Mikrotik sebagai Internet Gateway, maka, Lalulintas internet yang dihubungkan oleh mikrotik akan di saring. Ia akan menyeleksi mana yang pantas di akses dan mana yang tidak pantas untuk di "cicipi".

Sumber Ilustrasi gambar : http://pattayatoday.net/2012/03/

2. Mikrotik Sebagai Access Point (Indoor/Outdoor)
Adakah pikiran Anda ingin sekali membangun jaringan wireless ? Saya pikir, mikrotiklah solusinya. Mikrotik dilengkapi dengan adanya interface wireless (wi-fi). Teman-teman bisa membangun Hotspot kecil-kecilan entah itu di rumah, kos-kosan maupun di rumah pacar. Namun, Menggunakan Mikrotik bukan tidak mungkin Anda akan membangun jaringan lebih besar lagi kan ? Misalkan RT/RW Net atau bisa saja skala Wireless ISP (WISP). Mikrotik mampu mengendalikannya.

Sumber Ilustrasi Gambar:  http://jatibarang.blogspot.com/2012/11/setting-modem-adsl2-tp-link-td-w8951nd.html

3. Mikrotik Sebagai Intermediary device (routing)
Kalau Anda mampu membangun Jaringan dengan settingan Mikrotik yang membebani perannya sebagai Intermediary device (routing), Anda sudah tergolong (HEBAT!). 

Routing seperti ini  diimplementasikan pada koneksi secara luas adanya. Antara gedung ke gedung, menara ke menara atau desa ke desa tetangga. Dengan cara ini, sejauh apa pun tembakan jaringan network kita, pasti akan maksimal pembagian jalurnya. Asalkan, mencari jalur terbaik untuk penangkapan dan pembagian titik mikrotik, tepat sasaran.

  Sumber Ilustrasi gambar: http://calvinka.blogspot.com/2013/10/network-layer_6.html

Sekilas Cara Maksimalkan Jaringan Internet pakai Mikrotik. Selanjutnya, Akan Omkacili uraikan cara Membangun Jaringan berdasarkan fungsi dari Mikrotik itu sendiri. Dari yang sederhana sampai tingkat MASTER !.

Terima kasih atas Kunjungannya.

Pustaka :
Towidjojo, Rendra. "Kung fu Mikrotik". Jakarta:Jasakom. 2012
Athailah. "Mikrotik Untuk Pemula". Jakarta:Mediakita.2013






klik di sini jika akan di prin!

Comments

Popular Posts