Langkah awal Cara Membuat Blog dari Blogspot

Hai, Omkacili akan mengulas tentang Langkah awal Membuat Blog dari Blogspot. Sebenarnya, membuat blog banyak alirannya. Contoh sederhana, ada juga yang buat blog dari wordpress. Timbul pertanyaan, mana yang sebaiknya digunakan ? Hehehe, maaf yah, artikel kali ini hanya akan terfokus pada bagaimana membuat blog dengan platform blogcepot  (bloggspot). Namun, hanya gambaran dikit, coba selidiki sendiri, link blog mana yang sering terdeteksi di mesin pencari google ? (Pengalaman kemarin-kemarin, heheh.. banyak yang terindeks selalu blogcepot gan). Tapi, itu hanya pendapat pribadi. Bisa saja, aliran wordpress (WP) jika digunakan oleh orang yang hebat, tentu, dasyat juga gan ? WP juga sakti man !

Beginilah jadinya, saya harus buat isi artikel berimbang. Apa lagi, singgung soal perbedaan aliran, blogcepot atau WP.

Lupakan saja letak perbedaan dari kedua aliran tersebut. Nanti akan diulas pada momen selanjutnya. Sekarang, mari kita fokus  pada tujuan  dari penulisan artikel ini. Bagaimana sih, Cara membuat Blog dari Blogspot ?

Langkah Pertama, Mungkin bukan langsung ke teknis pembuatan, tapi kita Buat pemetaan blog dulu yah. Cara ini, dimaksudkan, agar Anda tidak bingung mengarahkan tujuan dari pembuatan blog.

Pemetaan Blog : 

Sekiranya, Anda buatkan pemetaannya dulu, misalkan ingin membuat blog bertemakan "Pendidikan"

Blog saya bertema : Pendidikan
Kategorinya : Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK dan Lain2

Misalkan Anda ingin lebih spesifikan lagi : Pendidikan SD--- (Metode, Materi, Mata pelajaran, dll)

Yah seperti itulah masud saya. Kelak akan membuat blog, Anda tidak bingung lagi untuk membuat pengkategorian konten nantinya.

Langkah Kedua, Sekiranya Anda masuk langsung ke alamat www.blogger.com

Log in Blog
Halaman Log in Blogger 
Gambar di atas meminta Anda untuk masukkan alamat gmail jika memang sudah terdaftar. Kenapa harus Gmail ? Karena, blogger adalah "anak" kesayangan pihak google. Sehingga, wajib bagi pembuat blog untuk memiliki gmail dulu baru bisa daftar.

Jika Anda baru pertama kali mendaftar, sebaiknya, klik tulisan warna biru "Buar akun". Anda diharuskan memiliki gmail sebagai kunci untuk registrasi di blogspot. Jika Anda pun bingung untuk membuat Akun Gmail Baru, Baiknya baca artikel yang ini ( Begini Cara Membuat Akun Gmail )

Setelah Anda sudah miliki Akun Gmail, kembali klik alamat www.blogger.com

Laman Admin Blogger

Dengan demikian, Anda akan diperhadapkan dengan laman Admin Blogger. Setelah halaman ini mewujud, perhatikanlah arahan tulisan "New Blog". Klik dan Anda akan membuat lembar Media Onlinenya. 

Lembar Membuat Tema Blog
Gambar di atas, menegaskan kepada Anda untuk segera menentukan Judul, alamat blog dan silakan pilih salah satu tampilah sederhana dari blog nantinya.

Contoh    1. Title : Berita Pendidikan
                2. Address : beritapendidikan.blogspot.com
                3. Pillih salah satu template sesuai selera Anda.

Ketika semuanya terisi dengan benar, lanjutkan dengan mengklik kata "Create Blog"

Setelah berhasil, Anda akan diarahkan pada halaman tampilan blog yang Anda cipta. 

Demikian artikel dari Omkacili, tentang Langkah awal Cara Membuat Blog dari Blogspot. Nanti, setelah ini, Anda Akan Masuk pada Pengenalan, Cara Membuat Postingan di Blogspot.


Ikuti Update Artikel dari Omkacili Selanjutnya. Trims

Comments

Popular Posts